cover
Contact Name
Hadi Rianto
Contact Email
hdrianto@yahoo.com
Phone
+6281256972279
Journal Mail Official
hdrianto@yahoo.com
Editorial Address
IKIP PGRI Pontianak, Lantai Dasar Gedung B Jl Ampera No. 88 Kota Baru Pontianak
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 23378891     EISSN : 25989510     DOI : http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v3i2
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan berisikan tentang hasil penelitian pada bidang ke-PKN-an meliputi kajian tentang pendidikan, politik, HAM, startegi dan metode pembelajaran PKn
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018" : 11 Documents clear
ANALISIS INTERPERSONAL SKILLS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Rianto, Hadi
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v2i2.961

Abstract

Interpersonal skills guru dalam proses pembelajaran sangat penting untuk dimiliki dan dilaksanakan guru. Dengan adanya interpersonal skills guru efektifitas komunikasi terjadi proses transformasi pesan sehingga siswa mampu memahami maksud pesan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan serta memudahkan siswa menerima materi yang diajarkan dan menumbuhkan kemampuan kerja sama, berpikir kritis, dan mengembang-kan sikap sosial, dan dapat meningkatkan motivasi, hasil belajar, penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh informasi yang objektif tentang keterampilan berkomunikasi guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, keterampilan guru dalam memberikan motivasi selama proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dan keterampilan guru dalam membangun tim dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung (interview) dan teknik dokumenter, dan subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan serta beberapa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parindu Kabupaten Sanggau. Hasil penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 1 Parindu Kabupaten Sanggau telah memiliki interpersonal skills yang baik.
PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH Octavia, Erna; Sumanto, Ines
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v2i2.955

Abstract

Bagi guru bidang studi pendidikan kewarganegaraan membentuk karakter disiplin siswa merupakan tugas utama di sekolah. Hal ini dikarenakan guru pendidikan kewarganegaraan atau disebut sebagai role model bagi diri siswa dalam berdisiplin waktu, displin berpakaian dan berperilaku disiplin lainnya. Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) menyangkut kemampuan akademik keilmuan yang dikembangkan menjadi tiga aspek yaitu : politik, hukum, dan moral. Dari ketiga aspek tersebut diharapkan dapat membentuk pengetahuan siswa yang memiliki karakter disiplin di sekolah, seperti aspek hukum sebagai implementasi dari peraturan atau tata tertib sekolah. Keterampilan kewarganegaraan (Civic Skills)  merupakan kompetensi yang dikembangkan dari pengetahuan kewarganegaraan (Civic Knowledge), yang dimaksudkan agar pengetahuan yang diperoleh menjadi sesuatu yang bermakna dalam menghadapi kendala-kendala sebagai siswa yang memiliki karakter disiplin di sekolah. Karakter kewarganegaraan (Civic Dispositions) kompetensi ini adalah bagian yang paling substantif dan esensial dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan dipandang sebagai “muara “dari pengembangan kedua kompetensi sebelumnya
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 NANGA KALIS Moad, Moad; Sapitri, Selly
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v2i2.962

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pengunaan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Nanga Kalis. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Nanga Kalis. Sumber data dari dalam penelitian ini diperoleh dari guru, siswa, interaksi antara guru dan siswa tempat dan peristiwa berlangsung. Prosedur penelitian ini mengunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dan setiap prosedur terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, pengukuran dan dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Word Square pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X SMA Negeri 1 Nanga Kalis dapat dilihat dari tindakan Siklus I dengan nilai rata-rata 71, 92 dan presentase ketuntasan klasikal mencapai 62% , dan Siklus II dengan nilai rata-rata 79, 23 dan presentase ketuntasan klasikal mencapai 90% yang terus mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa.
IMPLEMENTASI FUNGSI PARTAI POLITIK SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN POLITIK DI MASYARAKAT Belladonna, Aprillio Poppy
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v2i2.956

Abstract

Pendidikan Politik  masyarakat kini masih dikatakan minim, ditandai dengan mewabahnya sikap partisipasi pasif masyarakat. Dalam hal ini untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat dapat dilaksanakan melalui fungsi partai. Partai politik dianggap mampu dalam mengatasi permasalahan ini karena melihat pergerakan politik yang sangat aktif. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian yang bersifat deskriptif, dengan cara memperoleh informasi selengkap mungkin melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Temuan hasil penelitian, bahwa belum maksimal dirasakan, sehingga masih banyak masyarakat yang belum memahami benar mengenai hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang bertanggung jawab dan berperan aktif dalam dunia politik, melalui program yang dilaksanakan oleh partai dalam memberikan pendidikan politik banyak menghadapi kendala dimulai dari objeknya sendiri yaitu masyarakat, anggota partai yang memiliki karakter yang berbeda sehingga dapat menghambat kinerja partai, namun upaya yang dilakukan partai dalam mengatasi kendala yakni dengan meningkatkan kualitas program dan kinerja partai dalam melaksanakan pendidikan politik guna meningkatkan partisipasi politik masyarakat.
ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SIANTAN KABUPATEN MEMPAWAH Suhaida, Dada; Rohana, Santi
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v2i2.963

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada “Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan Kabupaten Mempawah”. Tujuan penelitian yakni; 1) tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan 2) strategi siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan. Metode penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian studi survey, dengan populasi siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, teknik pengukuran dan teknik dokumenter. Alat pengumpul data  panduan wawancara, angket, soal tes dan dokumen. Hasil penelitian  bahwa; 1) tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan dalam katagori “baik” yakni nilai rata-rata studi 72, 84 artinya Tuntas. 2) strategi siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan sebesar 81.625% kategori “meningkat”
PERAN KEPRAMUKAAN DALAM MENUMBUHKAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI 1 SUNGAI KUNYIT KABUPATAEN MEMPAWAH Firmansyah, Syarif; Syahrullah, Syahrullah
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v2i2.957

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepramukaan Dalam Menumbuhkan Moral Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah”, masalah umum dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana Peran Kepramukaan Dalam Menumbuhkan Moral Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah, dengan sub-sub fokus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana upaya Pembina menumbukan moral siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah dalam Kepramukaan? 2) Bagaimana dampak kepramukaan dalam menumbuhkan moral siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kunyi Kabupaten Mempawah? Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi sejelas-jelasnya tentang peran kepramukaan dalam menumbuhkan moral siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah. Variabel dalam penelitian ini yaitu “Peran Kepramukaan Dalam Menumbuhkan Moral Siswa di SMA Negeri 1 Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah”. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sungai Kunyit, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpul data dalam penelitian kualitatif lebih banyak menggunakan teknik: 1) Wawancara 2) Observasi Langsung 3) Metode library research (studi dokumentasi). Alat pengumpul data 1) pedoman wawancara 2) alat perekam 3) panduan observasi. Sumber data primer dalam penelitian ini Pembina Pramuka dan siswa SMA Negeri 1 Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah, sedangkan data sekunder yang peneliti gunakan adalah berupa dokumen-dokumen yang berhubungan dengan profil sekolah dan gugus depan. Teknik pengumpul data yang di gunakan adalah teknik observasi langsung dengan menggunakan panduan observasi, instrument penelitian, dan wawancara sebagai alat pengumpul datanya. Hasil penelitian ini adalah dengan menanamkan dan menerapkan kode kehormatan yaitu try satya dan dasa dharma dalam kehidupan sehari-hari moral siswa dapat ditumbuhkembangkan dengan baik.
KONTRIBUSI MODUL-MODUL KURIKULUM TATA NIAGA TERHADAP KOMPETENSI PEMASARAN LULUSAN SMK MANAJEMEN DAN BISNIS KOTA PEKANBARU Syabrus, Hardisem; Riadi, R M
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v2i2.979

Abstract

Kontribusi modul-modul kurikulum tata niaga terhadap kompetensi pemasaran lulusan SMK manajemen dan bisnis kota pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan modul-modul kurikulum tata niaga terhadap kompetensi lulusan SMK manajemen dan Bisnis di Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode survey. Dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampel incidental. Hasil penelitian yaitu Hasil uji korelasi Spearman's rho menghasilkan Koefesien korelasi sebesar 0,981 dengan nilai signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara Modul – Modul Kurikulum Tata Niaga terhadap kompetensi lulusan
IMPLEMENTASI SILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK Rube’i, Muhammad Anwar
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v2i2.959

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Sila Keempat Pancasila Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa berjumlah 83 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket, panduan wawancara, panduan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statitsik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi sila keempat pancasila pada mahasiswa mencapai persentase 78,71% dengan kategori Baik. Hal ini diperoleh: (1) wujud pelaksanaan sila Keempat Pancasila Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak secara umum dapat dikategorikan baik. Hal ini didukung oleh pencapaian angka persentase sebesar 78,43%. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Sila Keempat Pancasila Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak secara umum dapat dikategorikan baik. Hal ini didukung oleh pencapaian angka persentase sebesar 79,87%.
PERAN ORGANISASI KARANG TARUNA PERSATUAN REMAJA KARTI MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN Novianty, Fety; Pratiwi, Pratiwi
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v2i2.953

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui informasi yang jelas dan objektif mengenai “Peran Organisasi Karang Taruna Persatuan Remaja Karti Desa Tanjung Keracut Kabupaten Sambas. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan bentuk studi deskriptif, sumber datanya terdiri dari anggota karang taruna, masyarakat desa Tanjung Keracut, beserta aparatatur pemerintah yang berada di daerah setempat. Teknik dan alat pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dengan pedoman observasi, teknik komunikasi langsung dengan pedoman wawancara dan studi documenter hasil dokumentasinya. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kualitatif yang terdiri dari display data, reduksi data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh organisasi ini sudah bersifat positif dan sesuai dengan program yang telah disusun dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat dengan baik seprti pada momen tertentu misalnya dalam memperingati hari besar Islam dan hari kemerdekaan. Tapi disamping itu tetap masih ada kendala yang harus bisa diperbaiki untuk kedepannya seperti situasi dan kondisi untuk melaksanakan kegiatan serta kurangnya sokongan dana dan partisipasi dari sebagian masyarakat maupun pemerintah.
ANALISIS PELAKSANAAN TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBINAAN MORAL DI SMA TAMAN MULYA KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA M., Yuliananingsih; Maharani, Dewi
JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Volume 2 Nomor 2 Edisi Desember 2018
Publisher : IKIP PGRI PONTIANAK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/pkn.v2i2.960

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tata tertib sebagai sarana pembinaan moral di kelas XI SMA Taman Mulia Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk kualitatif, dengan cara mengumpulkan data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan hasil penelitian bahwa pembinaan moral yang dilakukan oleh guru dengan berbagai cara seperti memberikan teguran baik secara lisan maupun tulisan, dan hukuman agar dapat menimbulkan efek jera pada siswa, memberikan contoh teladan yang baik, memberikan ketegasan berupa reward dan punishmen kepada siswa melakukan pelanggaran tata tertib sehinga timbul efek jera, memberi nasehat dan arahan, memberi pelayanan bagi pertumbuhan mental maupun spiritual, menjalin kerjasama dengan orang tua/wali siswa dalam membimbing siswa, serta membiasakan untuk membentuk sikap baik yang dilakukan secara berulang-ulang.

Page 1 of 2 | Total Record : 11